PG Slots Cassino D4 Akuntansi Manajerial – Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang PG Slots Cassino PG Slots Cassino

Program Studi D4 Akuntansi Manajerial

Program Studi D4 Akuntansi Manajerial Jurusan Akuntansi merupakan salah satu program studi unggulan yang ada di Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP). Program studi ini beroperasi berdasarkan Surat Izin Dikti Nomor 3760/D/T/2005 tertanggal 25 November 2005.

Selama 10 tahun berdiri, program studi ini secara berkelanjutan melakukan pembenahan dan peningkatan mutu dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan ini ditandai dengan perolehan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi sebagaimana yang dituangkan dalam Surat Keputusan BAN-PT/Akred/Dipl-IV/VII/2016 tertanggal 14 Juli 2016.  Perpanjangan akreditasi dari BAN-PT No.9497/SK/BAN-PT/Ak-PPj/ST/VII/2021 terhitung mulai 15 Juli 2021 sampai dengan 15 Juli 2026

VISI:

Menjadi pusat pendidikan vokasi akuntansi manajerial yang unggul dan berdaya saing global.

MISI:

  1. Mewujudkan lingkungan akademik yang kondusif berdasarkan tata pamong dan tata kelola yang baik dan produktif.
  2. Memberdayakan semua sumber daya dengan optimal guna menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, mampu berkompetisi secara global, dan memiliki jiwa kewirausahaan.
  3. Menjadikan program studi D4 Akuntansi Manajerial sebagai pusat penelitian terapan dan pengembangan akuntansi manajerial yang berkontribusi signifikan kepada masyarakat.

Strategi yang dilakukan untuk menjadi program studi yang unggul dilakukan dengan merumuskan rencana strategi program studi (renstra prodi) yang mengarahkan seluruh aktivitas pada pencapaian keunggulan kompetitif dan berdaya saing global di bidang akuntansi manajerial.

Adapun strategi yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran guna menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang akuntansi manajerial agar dapat berkompetisi secara global.
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan akuntansi dan publikasi internasional yang berkontribusi signifikan kepada masyarakat.
  3. Meningkatkan jumlah dan kualitas sumber daya program studi yang berstandar internasional.
  4. Mewujudkan sivitas akademika yang disiplin, beretika, dan memiliki keterampilan manajerial dan kepemimpinan.
  5. Menumbuhkembangkan jiwa technopreneur kepada mahasiswa.

Menjadi program studi akuntansi manajerial yang unggul pada tahun 2025 dan bersaing secara global pada tahun 2045 (sebagaimana yang telah ditetapkan ditingkat institusi) ditetapkan berdasarkan periode waktu lima tahunan yang digambarkan dengan ilustrasi beserta uraian kegiatan dalam roadmap renstra sebagai berikut.

Guna mewujudkan rencana tersebut diatas, maka Kurikulum tahun 2021 disusun dengan mengacu pada lima standar atau aturan utama yakni:

  1. Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti),
  2. Kerangka Kerja Nasional Indonesia (KKNI),
  3. Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) level 6,
  4. Bahan kajian untuk kerangka kompetensi akuntansi yang dikeluarkan oleh organisasi profesi akuntansi American Accounting Association (AAA) yakni Constructing a Foundational Body of Knowledge Initial Step: Assembling Accounting Competencies, 
  5. Chartered Global Management Accountant (CGMA) Framework 2019: Technical, Digital, Leadership, and People Skills
Andi Abdul Azis, S.E., M.Com., Ak.
Koordinator Program Studi

Profil Lulusan

 

PROFIL UMUM LULUSAN
(Fungsi di masyarakat)

DESKRIPSI GENERIK

PROFIL LULUSAN SPESIFIK SESUAI PS

1.     Teknisi  Akuntansi Ahli (Level VI SKKNI);

2.     Chartered Global Management Accountant (Level Advanced)

Menguasai konsep teoritis dari keahlian profesional akuntan manajemen secara mendalam dan terintegrasi serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara terstruktur, logis, dan prosedural.

Operational Job

    1. Financial Accounting Supervisor
    2. Cost accounting Supervisor/controller
    3. Auditor
    4. Tax accounting Supervisor
    5. Budgetting Supervisor/Financial Analyst
    6. Information Systems Supervisors
    7. Budget Analysts

Managerial Job

    1. Budget analyst/budget supervisor
    2. Finance supervisor
    3. Branch manager
    4. Controller
    5. Financial Manajer

Lainnya:
Entrepreneur

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya sebagai seorang akuntan manajemen yang profesional dalam menyelesaikan masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan hasil analisis dari informasi dan data yang tepat dan akurat, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan/atau kelompok

Mampu mempertanggungjawabkan hasil pekerjaannya secara mandiri dan/atau kelompok dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

0
Mahasiswa Cuti
50
Mahasiswa Aktif
0
Mengundurkan Diri & DO

Testimoni Alumni

AKREDITASI

PG Slots Cassino